Minggu, 30 Agustus 2015

GAMBARAN SINGKAT SEMESTER SATU



            Hallo, kata penulis-penulis kece nih ya, blog itu tempat kita berbagi sesuatu, terserah, itu blog kamu, jadi bagiin aja sesuka kamu, dengan syarat asal bermanfaat buat orang lain.

            Yaaa, daripada berbagi kegalauan-kegalauan yang tiada henti, *eh mending berbagi pengalaman semasa kuliah di kesling,sambil review , siapa tau ada yang nyasar, dan baca tulisan ini he he he.

            Eh iya lupa/ say hallo dan selamat dulu nih sama dedek-dedek 31 kesehatan lingkungan, akhirnya kalian semua jadi bagian keluarga besar Kesehatan Lingkungan setelah melewati berbagai rintangan  #cielah ditetapkan sebagai mahasiswa baru jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Bandung. Congratulation1 Tetep semangat weh ya pesen saya mah!

Ini dia tentang semester satu

            Setelah isi KRS-an 9kontrak mata kuliah0 yang rata-rata untuk kampus orang lain itu katanya ribet ha ha ha *ketawajahat* alhamdulillah ya, kalo di Poltekkes mah nggak, soalnya kita sistemnya paket heheee, so, ndak ada tuh yang namanya rebutan KRS apalagi pacar *eh

            Lalu, kalo diantara kalian pernah baca postingan saya sebelumnya tentang kesehatan lingkungan, pasti tau kalo saya masuk ke sini itu pilihan terakhir, karena ambisius ingin masuk salah satu universitas di bogor hehe, tapi di semester satu ini, pas belajar, jadi kebuka paradigma Kesling tuh kayak gimana, walaupun belum banyak yang tau, tapi ilmu Kesling tuh aplikatif dan di butuhin banget, title kita kesehatan tapi kita ndak harus kerja di rumah sakit, bisa disana disini disitu dan bla bla bla, karena selagi ada lingkungan di situ ada lapangan pekerjaan buat kita, tetep bersyukur ya walaupun bukan di tempat yang kita inginkan! 

            Semester satu itu, pelajarannya masih hampir sama kayak SMA, kita masih dapet pelajaran Bahasa Indonesia, Pancasila, Agama,dll.

Nih dia mata kuliah yang di dapet di semester Satu

1.      Pancasila

            Dulu diajarin sama dosen keren, rame dan sangat enak jelasinnya, tapi sekarang beliau udah pensiun hehe, mata kuliah ini kebanyakan laporan 9makalah0 diskusi seminar, jadi siapin aja referensi, power point, hampir di setiap pertemuan kita adain seminar, tapi nggak tahu juga buat ajaran sekarang


2.      Agama

            Kalo mata kuliah yang ini dosennya dari luar, semangat pokoknya haha nggak bisa cerita banyak

3.      Bahasa Indonesia

            Wuaah, seru, inspiratif, efektif, dan edukatif, dosen favorit saya hehe, ini belajar bagaimana cara menulis surat, bahkan sampai cara melipat surat, belajar jadi MC di sebuah acara, pokoknya manajerial gitu lah

4.      Dasar Kesehatan Lingkungan

            Naaah, kalo yang ini mata kuliah inti jurusan Kesling, disini langsung kebuka kesling itu kayak gimana, sejarah kesling kaya gimana, derajat kesehatan, kaitannya lingkungan prilaku sama derajat kesehatan, seruuu ilmunya.

5.      Etika Profesi Sanitarian

            Nah, Sanitarian itu kaya nama profesi kita, semacam kaya Dokter, Insinyur, Perawat, atau yang lainnya, disini belajar kode etik kita sebagai Sanitarian itu gimana.

6.      Entomologi

            Inijuga, materi inti di Kesling, nanti belajar vector, vector penyakit, intinya kearah bagaimana pencegahan penyakit, tapi sebelum mencegah itu kita belajar tentang penyakitnya, walau tidak sedalam dokter, karena itu bukan bagian dari ilmu yang kita pelajari.

7.      Kewarganegaraan

Entah nggak faham mata kuliah ini bedanya apa sama pancasila wkwk, sama aja sih dulu juga kebanyakan diskusi seminar sama laporannya haha dulu, sering ketuker mana pancasila mana kewarganegaraan wkwkw.

8.      Bahasa Inggris

Nah, mata kuliah ini dosennya dari luar, ya gitu deh, disini kita belajar grammar banget, yang 16 itu musti faham, dan pokoknya buka-buka lagi lah kamusnya ya, dan pas belajar Bahasa Inggris dikelas harus pake Bahasa Inggris bicaranya


Udah sih cuman segitu yang bisa saya bagi ;))

Tetep semangat


And, thank you for reading ;)

Siti Yudiani Purnamasari


                                                           






2 komentar:

  1. Wah, nemu blog temen sekelas waktu smp nih.
    Siti Yudiani. Eh kalo salah maaf ye. Hehe 😁 namanya mirip soalnya.

    BalasHapus